Apakah Perlu Pakai Masker saat Berolahraga?

YJI - 28 Jul 2020

Apakah memakai masker saat olahraga di masa pandemic infeksi virus corona baik atau tidak ? Ini sempat jadi perdebatan di masyarakat, yang akhirnya beberapa waktu lalu membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan rekomendasi khusus, WHO merekomendasikan agar tak perlu mengenakan masker saat berolahraga. 

Memakai masker saat berolahraga akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat kesulitan bernapas. "Tidak seharusnya orang pakai masker ketika berolahraga karena masker dapat mengurangi kemampuan bernapas dengan nyaman," pernyataan resmi dari WHO.

Selain itu, olahraga juga akan membuat orang berkeringat. Pakai masker saat berolahraga membuat masker lebih cepat basah. Kalau  masker basah, akan menyebabkan kesulitan bernapas. Masker yang basah pun membuat mikroorganisme seperti bakteri dan virus berkembang lebih cepat. 

WHO juga melarang penggunaan masker yang basah dalam keseharian kita. Masker yang basah harus diganti dengan yang baru.  Cara yang tepat untuk mencegah penyebaran virus corona ketika berolahraga, menurut WHO adalah dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain.  "Langkah pencegahan penting selama berolahraga adalah dengan menjaga jarak fisik setidaknya satu meter dari orang lain," penjelasan dari WHO.

Namun terkait masalah ini, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) pernah menjelaskan bahwa masalah pemakaian masker ini tergantung dari tujuan olahraganya.
Bila hanya sekedar ingin meningkatkan imun tubuh, maka olahraga sebaiknya dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang. Dan dalam kasus ini tidak masalah memakai masker. Sementara mereka yang olahraga dengan intensitas berat karena ingin meningkatkan performa, misalnya atlet, memang tidak disarankan memakai masker.
Ahli kedokteran olahraga dr Michael Triangto, SpKO, mengatakan bahwa anjuran WHO bukan untuk semua orang. Ia menganjurkan agar orang-orang yang biasa berolahraga santai demi kebugaran tubuh, tetap pakai masker. Sesuai protokol kesehatan di masa pandemic Covid-19 ini.

Cara lain untuk mencegah penyebaran virus corona saat berolahraga, adalah dengan memilih olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Beragam olahraga intensitas ringan bisa dilakukan di dalam rumah. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan, selain aerobik, chikung, joging, jalan cepat, treadmill, sepeda statis, skipping. Jika mesti berolahraga di luar ruangan, tetap jaga jarak dengan orang lain dan tidak menyentuh benda-benda asing juga wajah

Di Indonesia, pemakaian masker saat ini masih tetap diwajibkan, terutama ketika berada di luar rumah. Jadi jika ingin berolahraga di area umum di luar dari rumah, sebaiknya tetap gunakan masker dan lakukan olahraga yang tidak terlalu berat.

Selamat berolahraga dan tetap sehat!
---------------------------------------