Yayasan Jantung Indonesia Menggelar 1.100 Tes Swab Gratis Dalam Aksi Lawan Covid-19

YJI - 22 Jun 2020

Jakarta – 20 Juni 2020. Perjalanan wabah virus Corona hingga saat ini sudah melalui waktu yang sangat panjang, dimana masyarakat Indonesia benar-benar telah mengalami perubahan dalam hidupnya. Kondisi ini membuat kekacauan di beberapa sektor seperti ekonomi, manufaktur, pariwisata, transportasi, pangan, sosial, pun membuat lonjakan aktivitas di bidang kesehatan. Kegelisahan ini menyentuh Yayasan Jantung Indonesia untuk turut bergerak memberikan dukungan dalam rangka membantu pemerintah memerangi penularan Covid-19 dengan berdonasi kepada warga masyarakat yang disalurkan dalam bentuk pengadaan Tes Swab sejumlah 1.100 pax secara gratis.

Dengan mengusung tema ‘YJI Lawan Covid-19’ target utama pendaftar berfokus kepada tenaga kesehatan, ibu hamil, dan pasien khusus yang hendak melakukan prosedur medis dan mengharuskan melakukan tes PCR swab. Yayasan Jantung Indonesia juga berkolaborasi dengan beberapa pihak seperti, Rumah Sakit Bunda yang akan berkontribusi dalam seluruh sistem verifikasi, pengambilan swab, pengetesan di laboratorium Diagnos yang sudah menjadi rekanan BNPB, APD, konsultasi dokter, hingga pemberitahuan hasil tes kepada pasien. GrabHealth powered by Good Doctor, dalam kegiatan ini berperan sebagai penyedia layanan skrining risiko COVID-19 dan pendaftaran melalui aplikasi yang telah dibuka minggu lalu.

Kegiatan tes swab ini akan dilakukan di 2 tempat yaitu Kantor Pusat Yayasan Jantung Indonesia, Jln. Teuku Umar no. 8 Menteng, Jakarta Pusat, pada 20 Juni 2020, dan di RW 5 dan RW 7 Tanah Abang, Jakarta Pusat pada 21 Juni 2020.

Esti Nurjadin selaku Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia mengatakan, “Wabah Covid-19 yang melanda saat ini sudah ditetapkan pemerintah sebagai bencana nasional untuk Indonesia. Untuk itu tindakan aktif yang dilakukan Yayasan Jantung Indonesia dalam membantu pemerintah mencegah penularan virus corona, adalah melakukan donasi dengan mengadakan kegiatan tes Swab selama 2 hari, sebanyak 1.100 pax secara gratis. Ini bentuk partisipasi kami dalam melawan virus yang telah meresahkan kita semua belakangan ini. Untuk itu kami menggandeng beberapa rekan yaitu RS. Bunda, GrabHealth, dan Good Doctor untuk turut bersama berjuang lawan Covid-19 yang kita usung sebagai tema rangkaian kegiatan saat ini.”

“Grab Indonesia terus meningkatkan komitmennya untuk melindungi masyarakat dari Covid-19, salah satunya dengan mendukung inisiatif ‘YJI Lawan Covid-19’ yang diinisiasikan oleh Yayasan Jantung Indonesia. Pada program ini, GrabHealth dengan didukung oleh Good Doctor menggunakan teknologi yang dimiliki untuk mempermudah YJI menjangkau target peserta dan memberi akses kepada pengguna, terutama kepada tenaga kesehatan, ibu hamil, dan pasien khusus, untuk ikut swab test. Sejak pemerintah menyatakan perang melawan pandemi Covid-19, kami terus berupaya untuk bersatu mencegah penyebaran Covid-19 melalui kemitraan dengan berbagai institusi terkait,” jelas Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.


Suasana saat Swab Test Covid di Kantor Yayasan Jantung Indonesia

 “Sebagai mitra resmi pemerintah dalam memerangi wabah Covid-19, Good Doctor selalu siap sedia untuk mendukung upaya-upaya terkait perlawanan terhadap pandemi. Dalam inisiatif tes swab gratis yang diinisiasi oleh Yayasan Jantung Indonesia, teknologi Good Doctor memberi peran penting untuk memastikan bahwa proses ini berjalan dengan lancar untuk kenyamanan semua pihak yang terlibat mengingat tahap skrining risiko COVID-19 pertama untuk peserta tes dilakukan melalui aplikasi GrabHealth powered by Good Doctor. Kami berterima kasih karena dipercaya untuk mendukung inisiatif ‘YJI Lawan Covid-19’ ini, terutama kepada oleh Yayasan Jantung Indonesia dan Rumah Sakit Bunda dan berharap program ini bisa meringankan beban pemerintah melawan pandemi,” kata Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia.

Sebelum kegiatan ini berlangsung, Yayasan Jantung Indonesia juga telah melakukan beberapa aksi donasi sejumlah 20.000 surgical masks, 1.500 alat pelindung diri, dan 75 liter desinfektan ke 8 Rumah Sakit (RSUP. Fatmawati, RS. Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, RS. Universitas Indonesia, RSUD. Budhi Asih, RS. Cipto Mangunkusumo, RS. Adhyaksa, RSUP. Persahabatan, dan RSUD. Tarakan Jakarta), dan 4 Puskesmas (Puskesmas Jatiasih, Puskesmas Rawamangun, Puskesmas Gunung Sindur, dan Puskesmas Pegangsaan).

Tidak berhenti sampai di sini, Yayasan Jantung Indonesia juga memberikan bantuan sosial berupa sembako ke beberapa wilayah seperti Sukabumi dengan total bantuan 1.500 pack, Bogor dengan total bantuan 200 pack, Malang Raya dengan total bantuan 500 pack, Bandar Lampung dan Kalianda dengan total bantuan 350 pack. Bantuan sosial ini dilepas serentak ke masing-masing wilayah dari Kantor Pusat Yayasan Jantung Indonesia pada Jumat, 19 Juni 2020, kemarin.