Bahan Makanan Yang Baik Untuk Jantung

Kominfo - 20 Mar 2020

TIPS MAKANAN SEHAT

 Untuk protein, pilih ikan yang kaya Omega 3 : salmon, tuna, dan makarel. Sayur-sayuran berwarna merah, kuning, dan oranye : wortel, kentang, paprika merah, (kaya carotenoids, serat, dan vitamin, baik untuk jantung). Asparagus, tomat, brokoli, dan bayam.
Buah-buahan, sebaiknya dari keluarga berry : strawberry, cranberry, raspberry, blueberry, kaya akan fitonutrien dan serat.
Selain dimakan langsung, juga bisa dicampurkan ke sereal, oatmeal, atau yoghurt. Selain berries, bisa jeruk dan pepaya yang kaya beta- karoten, potassium, magnesium, dan serat.

Konsumsi makanan mengandung serat
Serat, elemen penting dalam makanan untuk mengontrol gula darah, mengurangi kolesterol dan bikin tubuh tidak cepat lapar. Kalau tidak biasa mengkonsumsi makanan kaya serat, lebih baik mulai sedikit-sedikit dulu, agar perut tidak kembung.


Konsumsi lemak baik
Lemak tidak harus dihindari, karena selain lezat juga bermanfaat untuk menyerap beberapa vitamin. Banyak lemak yang kurang sehat, seperti lemak jenuh : produk susu full-cream, kulit ayam, santan, mentega, coffee  creamer,  serta lemak trans, dari gorengan,
kue, dan keripik yang bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Jadi, konsumsilah lemak baik dari alpukat, zaitun, kacang-kacangan, dan minyak ikan