Harus Diketahui Oleh Pasien Jantung Tentang Coronavirus

YJI - 28 Mar 2020

Harus Diketahui Oleh Pasien Jantung Tentang Coronavirus
Oleh American Heart Association News
 Catatan editor: Cerita ini diperbarui pada 24 Maret, menjelaskan peristiwa yang berkembang. 

Virus corona telah  menjadi perhatian semua orang di muka bumi saat ini. Dan bagi penderita penyakit jantung harus ekstra hati-hati.

COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus, pertama kali dilaporkan di kota Wuhan, Cina pada Desember 2019 lalu. Dan sejak itu telah membuat ratusan ribu orang jatuh sakit dan bahkan meninggal dunia.  

Bagi orang  bermasalah dengan jantung, kekhawatiran ini menjadi sangat serius. Penderita  jantung koroner atau hipertensi berusia di atas 60 tahun, lebih mungkin terinfeksi dan mengembangkan gejala yang lebih parah. Pada Februari, American College of Cardiology mengeluarkan buletin untuk memperingatkan pasien penyakit jantung yang berpotensi tinggi terinfeksi Covid-19. 

Pada laporan buletin, awalnya 40% pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit memiliki penyakit kardiovaskular atau penyakit serebrovaskular (mengacu pada aliran darah di otak, seperti stroke). Berbagai daerah di China alami tingkat aktivitas virus yang berbeda, dan virus itu sekarang ada hampir di setiap negara di dunia. 

Target utama virus adalah paru-paru, dan dapat juga mempengaruhi jantung, terutama jantung yang sakit, karena jantung harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan darah beroksigen di seluruh tubuh. 

Sistem kekebalan tubuhnya juga sudah kurang kuat. ”Jadi jika tertular virus, bisa menyebabkan komplikasi,” ucap Orly Vardeny, profesor kedokteran di Sistem Perawatan Kesehatan Minneapolis VA dan University of Minnesota. 

Vardeny , yang juga seorang sukarelawan untuk American Heart Association menekankan bahwa informasi tentang Covid-19 berubah hampir setiap jam, penyebarannya sangat  cepat, dan belum ada vaksin.

Jadi untuk saat ini Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyarankan, agar orang yang paling berisiko agar tetap tinggal di rumah, hindari keramaian dan batasi kontak dengan orang lain. Hal yang paling utama dalam mempertahankan diri, cuci tangan dan tetap bertahan di rumah.  Bagi mereka  dengan penyakit kardiovaskular tetap up to date dengan vaksinasi, termasuk untuk pneumonia.