BIT, SI MERAH KAYA MANFAAT

Kominfo - 20 Mar 2020

Warnanya merah keunguan dan umbinya kecil. Bit kaya nutrisi sehat. Mulai dari vitamin, zat besi sampai antioksidan. Biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus, atau campuran salad. Menurut sejumlah penelitian, bit bermanfaat untuk mencegah kanker.


Berkat kandungan folat dan betainenya, bit juga mampu membantu menurunkan kadar homosistein dalam darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Bahkan dalam sebuah penelitian terbaru
 
American Journal of Physiology terungkap sumber diet nitrat dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Tanaman yang berasal dari kawasan mediterania dan Afrika Utara ini dipercaya kaya zat besi yang membantu darah mengangkut oksigen dalam tubuh dan dapat mengatasi anemia. Meski kaya manfaat, tapi banyak orang yang enggan mengkonsumsi bit karena aromanya mirip aroma tanah. Nah, agar bit enak di lidah, bisa diolah menjadi beragam sajian, direbus atau dipanggang untuk mengusir aroma langunya. Bisa juga campurkan bit dengan buah beraroma tajam seperti jeruk. Warna merah bit juga cantik untuk dikreasikan dalam mie, cake atau pie.