Berolahraga tetap aman dari wabah corona

YJI - 19 Mar 2020

 American Heart Association News. Saat ini Kita disarankan tinggal di rumah dan menghindari keramaian untuk membatasi penyebaran virus corona, orang langsung merasa takut ke gym, karena menganggap tempat olahraga (gym) menjadi sarangnya kuman. Dan mereka harus melindungi diri sendiri.

Penelitian Mark Dalman, asisten Profesor College of Pdiatric Medicine di Kent State University, Ohio, telah mempelajari jenis bakteri yang berpotensi berbahaya, Staphylococcus aureus, di 16 pusat kebugaran. Hasilnya, bakteri ini ditemukan pada lebih dari 38% permukaan yang diuji.

Bakteri beda dengan virus. Coronavirus atau yang disebut COVID-19 adalah penyakit pernapasan yang berpotensi mematikan. Penyakit ini ditularkan lewat tetesan, ketika orang yang terinfeksi, batuk atau bersin

Alat olahraga bisa menjadi sarang virus. Menurut Dalman, virus tidak butuh makanan atau sinar matahari. Mereka hidup lebih lama daripada bakteri. Peralatan di gym, sangat mungkin jadi sarang virus yang bertahan. Terutama peralatan yang dipegang, termasuk gagang pintu kamar mandi. Dan hal yang dikhawatirkan adalah ketika tangan menyentuh mata, wajah, atau mulut. 

Jadi, jangan lupa gunakan handsanitizer agar virus tidak bisa menginfeksi. Bersihkan peralatan di gym dengan baik, untuk membantu menekan penyebaran virus. Hal yang juga bisa membantu mencegah penyebaran virus, mandi dengan sabun segera, setelah berolahraga dan simpan pakaian bersih di dalam tas yang terpisah dari peralatan olahraga. 

Di rumah juga bisa berolahraga, jalan kaki, jogging, atau bersepeda. Tapi ingat, tetap jaga jarak aman dengan orang lain. Atau berolahraga dengan lewat video di internet.

Hal lain yang patut diwaspadai juga adalah, orang dewasa penderita jantung, diabetes, atau paru-paru, berisiko lebih tinggi dan komplikasi serius terhadap virus corona. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika menghimbau kepada orang-orang tersebut untuk tetap menjaga jarak dengan orang lain dan sebisa mungkin untuk tetap tinggal di rumah.

Jangan lupa, tetap utamakan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan asupan nutrisi yang baik, tidur cukup, dan olahraga teratur. Dengan imunitas yang baik maka dapat melawan segala jenis penyakit atau virus. Orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, jauh lebih baik dalam  melawan segala jenis penyakit atau virus daripada seseorang dengan pola hidup tidak sehat.