Berapa jarak aman saat berlari, bersepeda, dan berjalan selama masa COVID-19

YJI - 08 Jul 2020

Berapa jarak aman saat berlari, bersepeda, dan berjalan selama COVID-19 kali? Ini lebih jauh dari 1-2 meter seperti yang ditentukan di berbagai negara!

Studi Belgia-Belanda : Pada masa COVID-19, sebaiknya tidak berjalan / berlari / bersepeda di belakang satu sama lain. Di banyak Negara, berjalan, bersepeda dan jogging adalah kegiatan yang disambut baik di masa COVID-19 ini. Namun, penting untuk dicatat bahwa Anda harus menghindari saling selip. Ini keluar dari hasil penelitian KU Leuven (Belgia) dan TU Eindhoven (Belanda). 

Aturan jarak sosial yang diterapkan oleh banyak negara antara 1-2 meter, kayaknya efektif ketika Anda berdiri diam di dalam atau di luar dengan angin kencang. Tapi ketika Anda berjalan-jalan, berlari atau bersepeda, sebaiknya tetap lebih berhati-hati. 

Ketika seseorang berlari, bernafas atau batuk, partikel-partikel itu tertinggal di udara. Orang yang berlari di belakang atau disebut slip-stream, akan melewati awan tetesan ini. 

Para peneliti sampai pada kesimpulan dengan mensimulasikan terjadinya partikel air liur orang selama bergerak (berjalan dan berlari) dan dari posisi yang berbeda (di samping satu sama lain, diagonal di belakang satu sama lain atau langsung di belakang satu sama lain). 

Awan tetesan yang ditinggalkan seseorang terlihat jelas. Orang-orang yang bersin atau batuk menyebarkan tetesan dengan kekuatan yang lebih besar, juga orang-orang yang hanya bernapas, akan meninggalkan partikel di belakang. 

Dari simulasi, tampak bahwa jarak sosial kurang berperan bagi 2 orang di lingkungan angin kencang ketika berlari / berjalan bersebelahan. Tetesan mendarat di belakang duo. Ketika Anda diposisikan secara diagonal satu sama lain, risikonya lebih kecil untuk menangkap tetesan pelari utama. Risiko kontaminasi terbesar adalah, ketika orang berada tepat di belakang satu sama lain, dalam slipstream satu sama lain.

Atas dasar hasil ini, ilmuwan menyarankan bahwa untuk berjalan, jarak orang yang bergerak dalam arah yang sama dalam 1 baris, sebaiknya harus  4-5 meter, untuk berlari dan bersepeda lambat harus 10 meter , dan untuk bersepeda keras setidaknya 20 meter. Juga, ketika melewati seseorang, disarankan untuk berada di jalur yang berbeda pada jarak yang cukup jauh, misalnya 20 meter untuk bersepeda.

Apakah hasil penelitian ini dianggap valid bagi ilmuwan lainnya? Paling tidak informasi ini perlu diperhitungkan demi keamanan dan tetap berjalan di jalan, sendiri atau setidaknya dengan jarak yang cukup. Tetap aman…

Jurgen Thoelen - Gladiator Labs