Tetap Bergerak Saat di Rumah

Kominfo - 07 Apr 2020

Ajak Seluruh Keluarga Banyak Bergerak.

Saat semua masyarakar dunia harus tetap di rumah karena covid-19, bukan berarti hanya diam duduk manis aja lhoo. Banyak organisasi kesehatan mengajak untuk tetap harus bergerak, agar tubuh tetap bugar. World Health Organization (WHO) menyarankan agar Kita untuk tetap aktif bergerak, meski di rumah dan memberikan contoh baik kepada anak-anak yang juga sedang diam di rumah. Anda dapat menggabungkan olahraga dengan kegiatan lain, seperti membersihkan sesuatu atau memasak. 

Bikin tugas aktif.  Ajak setiap anggota keluarga untuk aktif  bergerak di rumah. Buatkan jadwal harian kerja, misalnya membersihkan perangkat setelah makan, membersihkan tanaman, membuang sampah, mencuci pakaian, melipat cucian, dan membersihkan lemari pakaian. Ini mungkin jadi cara yang baik untuk membuat keluarga Anda bangun dari sofa - dan menyelesaikan tugas-tugasnya. 

Tunda layar. Jangan biasakan hanya duduk di depan TV atau main game. Sebisa mungkin bikin waktu beraktivitas keluarga. Berolahraga bersama. Jalan atau jogging, angkat beban, turun naik tangga (jika rumah Anda bertingkat), atau lakukan yoga sambil menonton. Atau kalau sedang nonton TV, selama jeda iklan, challenge anggota keluarga, siapa yang paling banyak lakukan push-up atau scot jump.
 
Bermain bersama keluarga Anda. Bergabunglah dengan anak-anak Anda untuk naik sepeda atau main lompat tali atau skipping rope. Selain melatih otot, membakar kalori tubuh dan melatih kekuatan kaki, sekaligus bisa menjadi momen main bersama yang sangat menghibur. 

*Bermain secara aktif dengan hewan peliharaan". Libatkan hewan peliharaan bermain bersama. Main lempar bola atau tongkat untuk dijemput anjing. Ajak kucing mengejar tali di sekitar rumah.

"Sertakan permainan aktif*.  Jika sudah santai kembali bergabunglah dengan anak-anak Anda untuk main bersama. Isi TTS atau sama-sama menjawab tebakan yang ada di online, atau sekedar main kartu. Anda akan merasa dan berpikir lebih baik.

Pilih mainan untuk anak-anak yang mendorong aktivitas fisik, seperti bola, skateboard, hula hoop, dan lompat tali di halaman rumah.

Jika kegiatan di luar ruang  lebih asyiik, bawa latihan ke luar.

Berada di luar ruangan bisa membuat olahraga seperti bermain, sehingga Anda bisa menikmatinya. Jangan lupa topi, kacamata hitam dan tabir surya.

Rapihkan kebun Anda. Berkebun, memotong rumput dan bekerja di halaman adalah cara yang bagus untuk aktif di luar rumah. Tidak ada halaman? Tidak masalah! Cobalah berkebun kontainer atau taman gantung.

Tetap Aktif Saat WFH Ketika di rumah dan harus kerja di depan laptop atau komputer seharian ingat, tetap harus ada istiharat yaaa. Bangkit sebentar dari kursi, bergerak dan berjalan-jalan di seputar rumah selama beberapa menit. Istirahatkan mata sejenak dari layar monitor. Saat duduk kembali, pastikan saat duduk, postur tubuh tetap tegak, supaya kesehatan tulang punggung tetap terjaga. 

Bahkan ketika Anda berada di rumah menonton TV, lakukan gerakan mikro seperti meremas glute, kontraksi perut, dan gerakan lengan. Tetap berada di rumah, tetap beraktivitas dan tetap sehat.