Kondisi Jantung

Jantung adalah suatu organ dalam yang berongga dan terletak dipusat dada. Jantung mempuanyai dua bagian yaitu  bagian kanan dan bagian kiri. Setiap bagian jantung mempunyai ruang atas yang bernama atrium yang fungsinya untuk mengumpulkan darah dan ruang di bagian bawah bernama ventrikel yang fungsinya adalah mengeluarkan darah. Pada jalan masuk, ventrikel mempunyai satu katup dan pada jalan keluar juga mempunyai satu katup, sehingga darah hanya bisa mengalir pada satu arah. Apa fungsi utama jantung?

Jantung mempunyai fungsi utama yaitu memberikan oksigen untuk seluruh tubuh dan membersihkan seluruh tubuh dari karbondioksida.

Agar jantung dapat memaksimalkan fungsi tersebut, dengan cara mengumpulkan darah diseluruh tubuh yang kurang akan oksigen dan dipompa ke dalam paru–paru. Sehingga darah mengambil oksigen dari paru–paru untuk disebarkan ke seluruh tubuh dan akan membuang karbondioksida. Selanjutnya jantung mengumpulkan darah dari paru–paru yang banyak mengandung oksigen dan memompanya untuk disebarkan keseluruh jaringan tubuh.

Cara kerja jantung dalam tubuh kita

Siklus jantung atau bisa disebut juga dengan denyut jantung adalah dimana Jantung akan bekerja melewati suatu mekanisme dengan berulang–ulang secara terus menerus. Dalam melakukan relaksasi untuk pengisian darah, jantung akan berkontraksi dan mengosongkan seluruh isi jantung dengan melalui mekanisme yang berselang seling siklus ini bisa dsebut dengan periode sistole. Ada juga periode diastole dimana periode ini berelaksasi untuk  mengisi darah ke jantung. Serambi kanan dan serambi kiri akan berkontraksi dan mengendor dengan bersamaan, begitu jaga bilik kanan dan bilik kiri berkontraksi dan mengendor dengan bersamaan dalam mekanisme tersebut.

Sel otot pada jantung juga berkontraksi, tujuannya memompa darah yang dihasilkan pada sebuah potensi aksi yang menyebar melewari membrane sel. Ketika berkontraksi ini, jantung akan berdenyut berirama. Hal ini terjadi karena jantung mempunyai sebuah mekanisme aliran listrik yang timbul dengan sendirinya dan memompa darah untuk relaksasi.

Darah yang kehabisan oksigen dan terlalu banyak mengandung karbondioksida, akan mengalir pada dua vena yaitu vena besar untuk mengalir ke venrtikel kanan. Ini akan berlangsung setelah atrium kanan telah terisi darah. Kemudian melalui katup pulmoner akan memompa untuk masuk ke arteri pulmonalis dan menuju ke paru–paru. Darah dari paru–paru akan mengalir melewati pembuluh darah yang kecil yaitu kapiler yang mengelilingi kantong udara di paru–paru untuk menyerap oksigen dan melepaskan karbondioksida, agar darah dapat mengalir ke dalam vena pulmonalis ke atrium kiri. Ketika darah sudah di atrium kiri lalu akan didorong ke ventrikel kiri dan memompa darah yang mengandung oksigen dengan melewati katup aorta menuju ke aorta yang merupakan arteri paling besar dalam tubuh. Darah yang kaya oksigen tersebut akan sangat berperan penting dalam tuh kita.

Terima Kasih

Terima Kasih atas donasi yang ingin diberikan

Jumlah Lainnya

Rp

Klub Jantung Sehat

Mengenal lebih dekat Klub Jantung Sehat dan ikuti kegiatannya.
28 Jul 2020

Apakah Perlu Pakai Masker saat Berolahraga?

Apakah memakai masker saat olahraga di masa pandemic infeksi virus corona baik atau tidak ? Ini sempat jadi perdebatan di masyarakat, yang akhirnya beberapa waktu lalu membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan rekomendasi khusus, WHO mere

berita

20 Jun 2020

Laporan kegiatan Pemeriksaan 1100 Swab Test YJI ke BNPB

Jumat 19 Juni 2020, Pengurus Yayasan Jantung Indonesia bertemu dengan Bapak Doni Monardo - Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana, untuk memberik

15 May 2020

Deteksi Sedini Mungkin Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi, seringkali dianggak biasa oleh masyarakat Indonesia. Sementara ahli medis menegaskan kalau penyakit ini cukup se