Slot Pulsa https://bp3si.akprind.ac.id/wp-content/-/slot-pulsa/ Slot Online https://sih.gov.ae//wp-content/ slot online slot maxwin https://keckotabaru.jambikota.go.id/js/-/rtp-live-2023/ https://pepc.pertamina.com/wp-content/-/slot-gacor/ https://puskogap.satpolpp.jatimprov.go.id/vendor/-/slot-gacor-maxwin/ https://slot.vipspain.ac.id/ https://dishub.garutkab.go.id/themes/demo/slot-gacor-online/ https://regsosek-sepakat.bappenas.go.id/uploads/slot-gacor-pragmatic/ https://platinumlisting.olx.co.id/storage/slot-gacor/

Yayasan Jantung Indonesia || Obesitas, Lebih baik tidak lebih

Obesitas

Obesitas-lebih baik tidak lebih

APAKAH ANDA KELEBIHAN BERAT BADAN? 
Perhatikan makanan yang anda konsumsi. Kelebihan berat badan terjadi bila makanan yang dikonsumsi mengandung energi yang melebihi kebutuhan tubuh. Kelebihan tersebut akan disimpan tubuh sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak yang menyebabkan kelebihan berat badan.

TIPE TUBUH ANDA: 
A. BUAH PIR
Pada umumnya perempuan memiliki bentuk tubuh seperti buah pir karena timbunan lemak lebih banyak di sekitar pinggul. Tipe ini memiliki resiko lebih rendah terhadap penyakit jantung, darah tinggi, dan kencing manis dibandingkan dengan orang yang memiliki tipe tubuh apel.

B. BUAH APEL 
Bentuk tubuh seperti buah apel banyak dijumpai pada laki-laki. Bentuk tubuh seperti ini disebabkan karena konsentrasi lemak terdapat pada sekitar pinggang. Tipe ini beresiko tinggi terkena serangan jantung, hipertensi, dan kencing manis.

lkutilah serangkaian ujian dibawah ini untuk mengetahui apakah diri anda kelebihan berat badan/terlalu gemuk atau tidak? 

  1. BERKACALAH
    Berkacalah di depan cermin apakah anda terlihat gemuk atau tidak?
  2. CUBITLAH
    Cubitlah kulit di sisi samping pinggang atau bagian bawah lengan anda. Bila lipatannya lebih tebal dari 2,5cm maka kemungkinan tubuh anda kelebihan lemak.
  3. BODY MASS INDEX (BMl)
    Dihitung dengan rumus berat badan (kg)/tinggi badan (m2). Perhitungan ini kerap kali dilakukan karena berkaitan erat dengan kandungan lemak tubuh dan sebagai indikasi resiko terjangkit penyakit penyerta.
    Berikut cara menghitung BMI anda:
  4. PERBANDINGAN PINGGANG-PANGGUL
    Perbandingan pinggang-pangul (Waist-Hip Ratio/ WHR) menunjukan dimana lemak tubuh anda terkumpul. Meskipun bentuk tubuh anda tidak bisa diubah, namun lemak dalam tubuh anda bisa dikurangi. Perbandingan WHR yang benar adalah 1:1 atau kurang untuk laki-laki 0,8:1

CARA PENGUKURAN:

  • PENGUKURAN PINGGANG:
    Ukurlah dari titik terkecil dibawah
    tulang iga anda (A) tetapi diatas tulang panggul anda (B)
  • PENGUKURAN PANGGUL:
    Ukurlah dari titik terlebar pada bokong anda

Turunkan kelebihan berat badan atau kegemukan anda 
Setelah menguji diri anda sendiri, sekarang diketahui apakah anda kelebihan berat badan atau tidak. Bila jawaban anda YA, kini saatnya anda menurunkan berat badan. Karena, bila anda kelebihan berat badan, maka pergerakan anda menjadi lamban, beresiko terserang berbagai penyakit seperti jantung koroner, darah tinggi, kencing manis, dan berbagai macam penyakit lain. 
Cara menurunkan berat badan: 

  • Diet
    • Diet dengan benar, makan 2-3 kali secara teratur dengan gizi seimbang
    • Kurangi makanan berenergi tinggi yang berminyak, berlemak, dan bersantan
    • Kurangi makanan manis
    • Perbanyaklah makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah
    • Hindari minuman beralkohol
  • Olahraga
    • Olahraga secara teratur minimal 3x seminggu. Cukup selama 1/2-1 jam agar badan tetap fit
    • Olahraga sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan anda
    • Tingkatkan kegiatan fisik
  • Perubahan perilaku
    • Bulatkan tekad anda dalam usaha menurunkan berat badan dengan motivasi dan disiplin tinggi